Headlines News :
Home » » Doa Nabi Sulaiman Agar Tetap Mensyukuri Nikmat

Doa Nabi Sulaiman Agar Tetap Mensyukuri Nikmat


(Surah An-Naml ayat 19)
فَتَبَسَّمَ ضَا حِكًا  مِنْ قَوْ لِهاَ وَقَالَ رَبِ أَوْزِعْنِيْ أَنْ أَ شْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْ أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَصَلِحًا تَرْ ضَىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِباَ دِكَ الصَّلِحِيْنَ.

Artinya: Maka Dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) Perkataan semut itu. dan Dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".

Riwayat Ayat
Nabi Dawud dan nabi sulaiman merupakan dua sosok nabi yang di anugrahi ilmu yang tinggi oleh Allah SWT, melebihi hamba-hamba Allah SWT lainya yang mukmin. Nabi Dawud menjadi raja, dan ketika nabi Daud meninggal, maka yang mewarisinya adalah nabi sulaiman.
  Nabi Sulaiman diberi ilmu tentang arti kicauan burung-burung. Apa yang dibutuhkan nabi sulaiman untuk kepentingan kekuasaan kerajaannya juga diberikan oleh Allah SWT. Nabi tidak hanya Sulaiman tidak hanya memiliki tentara yang terdiri dari manusia, melainkan juga tentara dari golongan jin dan pasukan burung-burung. Juga di beri ilmu mengerti pembicaraan binatang-binatang yang sangat kecil, seperti semut.
Alkisah, ketika nabi sulaiman beserta pasukannya sedang berjalan di suatu lembah, maka seekor semut telah memberitahukan kepada kawan-kawannya agar masuk ke sarang,supaya tidak terinjak oleh nabi sulaiman dan pasukannya. Nabi sulaiman mendengar seruan semut kepada kawan-kawannya tersenyum. Nabi kemudian berdoa ayat tersebut, karena telah di karuniai nikmat yang sangat luas dan agar tetap menjadi orang yang mau bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT karena nikmat luas itu.
Membaca doa nabi Sulaiman sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang di berikan Allah SWT selama ini, disamping agar segala amal di ridhoi Allah SWT dan di masukan dalam golongan hamba- hamba Allah SWT yang shaleh. Meskipun menjadi seorang nabi, nabi sulaiman masih memohon agar amalnya diridhoi dan termasuk orang yang shaleh. Karenanyalah sebagai manusia biasa, seharusnya juga mwemanjatkan doa tersebut agar Allah SWT tetap menjadikan kita orang yang mau bersyukur, agar sewrgala amaliah senantriasa diridhoi dan termasuk orang-orang yang shaleh.     
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Video

Artikel dan Arsip

 
Support : Creating Website | GalihGumelar.com | Konsultasi Galih Gumelar
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Konsultasi OnLine - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by www.galihgumelar.com